Minggu, 22 Februari 2015

Sejarah Asal Usul Primbon Jawa Kuno

Sejarah Asal Usul Primbon Jawa Kuno

Sejarah Asal Usul Primbon Jawa Kuno

Donatur Ilmu: Sejarah Asal Usul Primbon Jawa Kuno - Primbon berasal dari kata bahasa jawa "bon" (mbon atau mpon) yang berarti induk. Kata tersebut mendapat awalan "pri" (peri) yang berfungsi meluaskan kata dasar. Karena kepercayaan dan adat-istiadat yang berlaku di masyarakat sangatlah dinamis, misalnya perubahan nyata yang terjadi ketika masyarakat jawa beralih dari hindu budha ke islam. Yang namanya primbon pasti juga tidak jauh dari sistem penanggalan.

Perubahan besar-besaran pada catatan sistem penanggalan dalam masyarakat jawa terjadi pada zaman pemerintahan Kanjeng Sultan Agung dikerajaan mataram islam. Beliaulah yang memerintahkan untuk mengubah kalender tahun saka jaman hindu, menjadi kalender tahun jawa yang mempengaruhi oleh sistem penanggalan islam. Mulai saat itu, banyak catatan dari zaman kuno yang disesuaikan dengan sistem penanggalan mataram islam.

Donatur Ilmu: Sejarah Asal Usul Primbon Jawa Kuno - Salah satu kitab primbon yang sangat terkenal adalah serat centhini (suluk tambangraras) yang di buat oleh ingkang sinuwun Pakubuwono v dari keraton surakarta hadiningrat dan primbon yang paling tertua adalah kitab Primbon Bonang. Primbon itu ditulis oleh Sunan Bonang salah satu dari walisongo pada zaman kerajaan demak.

Kitab primbon adalah perhitungan-perhitungan ramalan yang dalam bahasa jawa di kenal dengan istilah petungan. Selain itu,primbon juga memuat catatan tanda-tanda alam atau yang sering disebut dengan ngalamat, katuranggan, dan lain-lain. Primbon menjabarkan pula tentang watak manusia dan watak waktu.

Itulah ulasan mengenai "Sejarah Asal Usul Primbon Jawa Kuno"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar